Bersepeda ke tempat kerja? Gila aja…


Ketika membaca artikel di harian Kompas bertajuk “Naiknya Harga BBM Picu Pembelian Sepeda,” saya rasa hal tersebut tidak akan terjadi di Jakarta walaupun memang ada komunitas yg menggalakkan program Bike to work dan mempunyai sejumlah anggota. Masalahnya, jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja rata-rata lebih dari 20 km. Perumahan rata-rata para pekerja kebanyakan terpusat di daerah sekitar Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi, sedangkan tempat bekerja mereka berada jauh di pusat kota, yang harus ditempuh dengan waktu sekitar satu sampai dua setengah jam per pulang dan pergi sehingga total waktu yang diperlukan untuk komuting dalam sehari adalah sekitar dua sampai empat jam. Dengan kondisi yang seperti itu, tentulah agak sulit untuk mengganti kendaraan berbahan bakar BBM dengan sepeda.

Alasan lain lagi dimana sepeda tidak dapat menjadi alternatif pengganti kendaraan berbahan bakar BBM adalah polusi di Jakarta yang sudah di atas ambang batas sangat tidak nyaman untuk bersepeda. Bila di kota-kota lain seperti Yogya dan Cirebon, bersepeda ke tempat kerja terasa menyenangkan, lain halnya dengan  di Jakarta, bersepeda di antara ramainya motor yang berani berzigzag dan kendaraan umum lainnya yang melaju dengan ganasnya serta debu dan polusi udara yang sudah melewati ambang batas membuat bersepeda menjadi pilihan yang tidak masuk dalam daftar pertimbangan alias tak terbayangkan alias Gak Lah Yaow….😀

Lalu jalan keluarnya apa? Ya seperti yang telah banyak disebut-sebut, pemerintah sebaiknya menciptakan transportasi massal yang cepat, aman dan nyaman. Sistim three in one? Lupakanlah… It doesn’t work at all.. Jadi ketika pada satu hari seorang teman menyodorkan alternatif untuk bersepeda di kota seperti Jakarta, karena kebetulan dia tinggal di daerah yang memang memungkinkan untuk bersepeda ke tempat kerja, saya hanya bisa bilang dengan nada suara yang agak tinggi, “Bersepeda sepanjang 40 km setiap hari…????? Gila ajaaaa…..” Gak mungkin kan betis eike yang cantik ini bakalan jadi segede dosa gara-gara bersepeda setiap hari…. kekekekeke…. Kalo sehari dua hari sih mungkin masih sanggup, tapi setiap hari….? Hmmmm…..  (Btw, buat anggota komunitas bike to work, saya jangan dimarahi ya… karena ini sama sekali bukan provokasi…)

5 thoughts on “Bersepeda ke tempat kerja? Gila aja…

  1. khusus buat munyuk mentel, gimana kalo naik sepeda 40 km sambil zikir? jadi kalo betis segede dosa, ga gede2 amat wekekekek

    Makhluk Maniez says:
    Gak mau ah… Ntar jadi tambah cantik trus disangka bintang pelem lg naik sepeda…hi..hi..hi…
    *norakabiez.com

  2. aku bike to work..total sehari sekitar 10 km

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel says:

    Waaaaaaaaaah…. Kalo di Jakarta mah gak sangguuuup….. Dah panas, berdebu, dan rawan keserempet angkot dan bis…. Kalo mo naik sepeda, ntar tunggu pemerintah nyediain jalur khusus bis kayak bus way.

  3. di daerah kuningan dan menteng, pas pulang kantor, aku suka nemu bikers… lucu juga… sekaligus hebat ga takut keserempet!

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel says:
    Mereka itu pasti dari komunitas bike to work. Semoga… mereka gak baca postingan ini….

  4. tukang becak di india, betisnya pada kecil2. yang gede paling 10%-nya… emang struktur badannya begitu.

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel replies:
    Hmmm gitu yaa…spt gajah yang gak kurus-kurus biarpun dah diajarin main sepak bola…😆

  5. karawang donk: ada acara sepedaan, read more here: http://masbadar.wordpress.com/2008/11/21/radar-karawang-lebih-dari-1500-peserta-akan-berpartisipasi-dalam-funbike-ika/ tengkyu banget buat owner of the blog, jika link ini gak dihapus. Sepertinya pohon kamu ini mulai bercabang. Bagus nih topik. Banyakin nulis yg agak2 kontroversi yah, tapi beri ending yang bagus ya..

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel replies:
    Thanks utk supportnya…
    *Langsung menuju TKP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s