Tips Jitu Memasarkan Blog


Kalo Anda bertanya pada mbah google dan menanyakan blog yang memuat tips memasarkan blog pastilah langsung keluar daftar panjang blog yang dimaksud. Mulai dari menyerahkan url blog kepada mbah google supaya si mbah bisa mejawab ketika ada pertanyaan yang mengarah ke situ sampai pada saran untuk memakai jasa SEO ataupun menaruh berbagai iklan dan widget di blog yang dimiliki.

Tapi cara tersebut pastinya butuh kemampuan teknologi yang agak canggih alias gak terlalu gaptek. Lha terus gimana kalo orang tsb newbie dalam dunia maya tetapi punya semangat ngeblog yang tinggi. Ada beberapa cara mudah yang pastinya sip untuk diikuti. (tips ini didapat dari berbagai narasumber yang kurang dapat dipercaya kredibilitasnya tapi cukup dahsyat efeknya .. he..he..he…)

1. Pasang headshot wanita cuantik

Buat seakan-akan blog itu adalah milik seorang wanita cantik, jadi apa pun isi blog yang kita buat tidaklah terlalu penting. Yang penting banyak orang yang tertarik untuk datang berkunjung dan mencoba mengenal si pemilik blog lewat komentar-komentar yang diberikan. Tapi usahakan foto yang dipajang bukan foto artis terkenal, kenapa? Karena lambat laun pastinya orang akan tahu bahwa blog gretongan itu bukan milik si artis. Apalagi kalo kemudian yang dipasang adalah fotonya Julia Roberts atau Angelina Jolie, wah gak mungkin bangets kan… katanya bule asli kok fasih bangets bahasa Indonesianya… he.. he.. he.. Ternyataaa…. Untuk menipu juga perlu logika boooo….

Lagipula, entah memang lagi trend atau apa, saya banyak menemui blog yang memajang foto wanita tetapi setelah digauli hallah dikunjungi beberapa kali akhirnya ketahuanlah kalo ternyata blog tersebut milik seorang laki-laki. Ternyata banyak pria yang lebih suka ngeblog dengan jati diri wanita. Tapi herannya sejak saya malang melintang dalam dunia perblogan, saya belum pernah bertemu dengan sebuah blog yang memasang headshot laki-laki tetapi kemudian ternyata milik seorang wanita. Hmm… Memang wanita itu indah…saking indahnya sampai untuk soal blog pun, banyak yang kepingin jadi wanita😀

the-danger-of-chatting1

2. Pasang tag yang agak nyerempet “Bahaya”

Walaupun isi blog tersebut bisa jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan hal yang dilarang oleh RUU Pornografi, tapi tag yang menyangkut-nyangkut hal-hal seperti itu pastilah bisa meningkatkan traffic. Orang cenderung ingin tahu apa isi blog tersebut. Sebuah tag dengan kata “transeksual” misalnya, sudah bisa membuat blog Anda masuk dalam BOTD wordpress. Gak percaya….? Coba aja…😉

3. Paksa teman, saudara dan setiap orang yang ditemui untuk berkontribusi.

Untuk saran yang pertama dan kedua di atas efeknya hanya sementara. Pada saran yang pertama, begitu para pengunjung blog menyadari bahwa si pemilik blog ternyata seorang laki-laki, bukan wanita cantik seperti yang terdapat pada headshot, maka traffic biasanya akan turun. Begitu pula dengan tag yang berbahaya. Begitu pengunjung blog tahu bahwa isinya sama sekali tidak mencerminkan tag yang dipasangnya, maka mereka pun akan berhenti berkunjung. Jai dari ketiga saran di atas, hanya saran terakhirlah yang paling manjur.

Gunakan jaringan pertemanan dan persaudaraan yang ada. Semakin banyak teman yang Anda miliki, semakin besar kesempatan bagi blog Anda untuk mendapatkan traffic. Setidaknya traffic yang ada berasal dari teman dan kerabat Anda. Lalu bagaimana caranya mengenalkan blog pada teman dan kerabat? Namanya juga teman dan saudara, pastinya akan sering bertemu. Ketika bertemu, Anda bisa “mengancam” teman atau saudara untuk berkunjung dan “nyampah” di blog Anda. Anda bisa bilang pada mereka, Eh, gue punya blog nih.. Namanya (sebut nama blog Anda) Kasih komen, ya. Awas lho kalo sampe gak ngasi komen.” Cara ini sangat efektif untuk membuat blog Anda mendapatkan banyak komen. Setidaknya komen dari orang-orang sekitar Anda.

Namun cara ini pastinya mempunyai efek samping. Efek samping dari cara ini adalah mereka akan menghindar untuk bertemu dengan Anda karena bosan mendengar hal sama yang akan dilontarkan setiap bertemu. Jadi sebaiknya jangan gunakan ancaman…he..he..he… Mungkin cara yang lebih halus bisa digunakan sebagai alternatif lain. Anda bisa mentraktir mereka atau memberikan barang-barang yang menyenangkan setiap habis mengingatkan orang tentang blog Anda. Efek samping yang perlu diwaspadai adalah mereka akan jadi lebih suka bertemu Anda. Tapi cara seperti itu sangat berpotensi membuat tipis dompet.

Khusus untuk Anda yang kebetulan bekerja dalam bidang Marketing, posisi Anda sangat menguntungkan. Anda bisa mengenalkan blog Anda kepada orang baru yang ditemui. Apalagi kalo kemudian ada bonus ini dan itu yang menyertai. Hasilnya bakalan Top Markotop.

Lalu kemudian pertanyaannya, bagaimana dengan blog ini…? Kelihatannya tidak banyak orang yang sudi “nyampah di blog ini?” Sudahkah kiranya pemilik blog ini mempraktekkan saran-saran di atas, atau setidaknya langsung pada saran yang terakhir?

Hmmm…. Karena saya orang yang low profile tapi high profit (padahal sih enggak) dan juga pemalu (padahal juga enggak), saran yang ketiga belum sepenuhnya mulai dipraktekkan. Bagaimana dengan Anda..? Penasaran dengan saran-saran yang ditawarkan..? Saya hanya bisa bilang, “Selamat Mencoba…”

11 thoughts on “Tips Jitu Memasarkan Blog

  1. hehehehe….

    saran saya sih yang paling baik itu mengisi blog anda dengan sesuatu yang unik, menarik dan tidak ada di tempat lain……..

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel replies:
    Wakakakakak……Ngeceeeeeee…….
    Padahal saran yang pertama itu saya dapat dari orang yang sudah berpengalaman malang melintang di dunia maya lho….😉

  2. ayo, traktir gue lagi!!!!

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel
    Soal traktir mentraktir itu bisa diatur… (kan masih ada bakso yang 5000 perak entuh) asal adik ini bisa membawa teman sebanyak-banyaknya untuk berkunjung ke blog ini…. (dah kayak bisnis MLM…😆 )
    Btw, masih punya teman khaaaan….?
    *ketawa cekikikan

  3. Ikut jejaring sosial macam blogcatalog, mybloglog, myspace, flickr, friendster, dll jg efektif lo. Asal pinter2 promo blog km aja🙂

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel replies:
    Cara itu mah lamaaaaa, dah gitu butuh usaha dan waktu… Kalo cara yang di atas tuh cepet and dah pasti dapet trafiknya…😆

  4. nambahin : kirim sms sebanyak2nya kesiapa aja..,
    tempel nama blog di tempat2 strategis, bila perlu pake baliho… hahahaha…😀 😀

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel replies:
    Gut..Gut..Gut.. That’s a good idea…😀
    Makasih buat masukannya… Kayaknya hasilnya bakalan top markotop tuh… 🙂
    Karena hal spt itulah yg selama ini dikerjakan oleh domain2 komersial lainnya, bikin stiker trus dipasang di mobil2 angkutan umum.

    *sambil nyari kartu sms yg murah meriah

  5. Saran 1 dan 2 emang sangat jitu..
    Tapi tujuan kita ngeblog bukan cari traffic aja.
    Bagi pemula, lebih baik ngeblog kreatif. At least pada saran ke-3 cukup bagus.
    Selain itu, buat isi blog yang kontroversial…pasti trafficnya tinggi…🙂
    Thanx.

    Makhluk Maniez a.k.a Munyuk Mentel replies:

    Kontroversial dan juga terindex oleh Mbah Google pastinya yaaa…. 😀

  6. tolong bantu blog saya

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Baiklaaah…..
    *Sambil garuk-garuk kepala mikirin caranyah :D*

  7. Hehe…blog saya gak terkenal😦
    Tp triknya akan saya praktekan🙂
    Terima kasih mas infonya…

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:
    Oaaaalah Maaas… Lah wong tips dan trik awur-awuran kok dipercaya kekeke

  8. blog saya masih sepi ni?gimana caranya biar banyak pengunjung

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Ya udin… pasang aja video hebohnya si penyanyi ituh, pasti rame pengunjungnya wakakakak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s