Seputar Taman Menteng


Taman kota di Jakarta pastinya sudah mulai jarang walaupun taman kota sangat diperlukan untuk sumber peresapan air dan juga tempat beraktivitas warganya di waktu luang. Salah satu taman kota yang terkenal di Jakarta dan paling sering dikunjungi adalah Taman Menteng. Letak taman ini di jalan HOS. Cokroaminoto dan merupakan sebuah taman di tengah kota yang memiliki fasilitas berupa gedung parkir, rumah kaca, playground serta lapangan terbuka untuk bermain futsal, basket, volley dan kegiatan beladiri taekwondo yang semuanya ramai di malam hari.

Awalnya taman seluas lebih dari 2 hektar  ini merupakan sebuah lapangan sepakbola milik Persija. Tetapi lama kelamaan, karena tidak sering dipergunakan, kemudian banyak berdiri bangunan-bangunan tak berizin maupun lapak-lapak kaki lima sehingga lapangan tersebut kehilangan fungsinya dan terlihat sangat tidak rapi. Akhirnya pada tahun 2007, oleh pemerintah, lapangan itu kemudian direnovasi hingga menjadi taman yang cantik tempat rekreasi keluarga. Ada air mancur di beberapa tempat dan jogging track buat mereka yang suka jalan santai ataupun lari-lari kecil.

Namanya juga taman di tengah kota, taman ini tak pernah sepi dari mereka yang ingin sekedar duduk-duduk atau pun beraktivitas di situ. Cuma yang agak disayangkan, di  malam hari agak banyak lampu taman yang tidak menyala sehingga sebentar sempat menimbulkan rasa agak kurang nyaman. Tapi buat mereka yang membawa pasangannya, kondisi seperti ini biasanya malah  disyukuri. Malah kalo bisa lampu taman yang menyala pun mungkin akan disiram air biar bohlamnya hati….wuehuehuehueeeee…. (Don’t try this at any park you visit). Pernah baca, hal seperti itu juga sih yang sering terjadi pada lampu-lampu di taman Monas. Waaaah… padahal taman kan idealnya sebgai tempat rekreasi untuk semua orang. Kalo banyak lampu taman yang mati gimana dunks…

Ini nih gambar tamannya. Kebetulan saya ambil di tempat terang karena kalo saya ambil di tempat yang banyak orang pacarannya takut menimbulkan keributan. Nanti bisa-bisa saya disangka mama….paparazzi…

Taman Menteng.1jpg

Wah… ada perempuan lagi berjalan sendirian di taman yang sepiiiiii…!!! Tenaaaang, memang kalo dari gambar,  taman ini terlihat  sepi, tapi ternyata cuma beberapa meter dari situ cukup banyak orang yang sedang bermain basket, volley dan juga beberapa remaja yang sedang bermain ayunan dan prosotan. Lho kok udah gede masih main ayunan..??? Well there is a child in everybody kaaaaan….

Bila sedang jalan-jalan di taman itu pada malam hari dan kemudian perut terasa lapar atau hanya sekedar ingin duduk ngobrol sambil makan makanan ringan, di samping belakang taman ini, tepatnya di sebelah Bank Lippo, ada satu lokalisasi para penjaja makanan. Kalo dari arah Kuningan, tempat ini terletak di sebelah kanan jalan, tepat di seberang Masjid Al Hakim. Tempatnya yang tenang karena agak jauh dari jalan dan tidak banyak pengamennya, membuat tempat ini enak untuk sekedar ngobrol-ngobrol santai.  Tetapi entah kenapa harga makanannya bisa jauh lebih mahal daripada harga makanan sejenisnya di tempat lain. Untuk tahu gejrot yang ditaro di piring kecil sebesar telapak tangan misalnya, yang biasa dijajakan dengan sepeda dan harganya cuma Rp 3000, di situ kita harus membayar sebesar Rp 10.000. Mungkin Rp 7000 itu untuk bayar sewa tempat duduknya yaaa….  Buat yang belum tahu, tahu gejrot ini adalah tahu sumedang atau tahu pong yang dipotong kecil-kecil trus dikasi kuah berupa cuka, air gula merah, cabe dan bawang merah. Gitu doank sih…

Untuk melengkapi kepuasan napsu curhat colongan saya…wadeeeuuuw, saya sertakan pula gambar tahu gejrotnya.

Tahu gejrot.TMjpg

Tuuuuh biasa aja khaaaaan? Isinya paling cuma 4 buah tahu goreng. Tapi kok ya mahal seeeeh……

Memang untuk variasi jajanan, tempat ini termasuk cukup lengkap. Ada yang jual dim sum, nasi kebuli, nasi goreng, bakso, siomay, sate, jus sampai rujak juga ada. Tapi kalo mau makanan yang agak murah dan sama enaknya emank harus bergeser sedikit ke jalan Sabang, dekat Sarinah. Nah di sini ini sejak dulu memang sudah terkenal dengan jajanan kaki limanya. Memang tempatnya agak bising karena berada tepat di pinggir jalan dan pengamennya pun datang silih berganti, tapi harga makanannya standar dengan harga di tempat lainnya. Bakso ya masih dalam kisaran Rp 6000 dan soto daging Rp 13.000. Kalo bulan puasa, susah sekali cari tempat duduk di sini. Mesti ngetekin tempat dari jam setengah enam. Ya iyalah, wong semua orang berusaha mendapatkan makanan pada jam yang sama.

Ya udiiin… Gitu ajah info mengenai Taman Mentengnya, sebuah taman yang menyenangkan buat aktivitas ringan baik di pagi, sore maupun malam hari.  Semoga taman ini tetap terawat dengan baik dan tidak kehilangan atmosfir sehatnya sehingga bisa menjadi tempat hiburan bagi semua tingkatan umur warganya. Btw, info yang saya kasih ini ternyata kok ya gak penting-penting amat yak???? Wah terus terang, saya gak peduli.  Toh dari postingan yang ternyata isinya curhatan samar ini sebenernya cuma mau bilang, “Kok tahu gejrotnya mahal sekali seeeeeeeeeehhh……????????? Whooaaaaaaaaa…”

7 thoughts on “Seputar Taman Menteng

  1. mau maki2 tukang tahu gejrot aja pake cerita taman dulu…. sopan sekali munyuk mentel ini… hehehe

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Wakakakakkak….. You know me well…
    *ketawa sampe berguling-guling…

  2. habis jalan dan pacaran di taman menteng, kok cuman mangan tahu goreng???
    enggak lapar apa?

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Wadeeeewww… yg pacaran itu sapah?? Waaah menjatuhkan pasaran inih…

    Ituuuuh namanyah menuduh tanpa bukti… Foto dua garpu dalam satu piring benar-benar tidak bisa membuktikan apa pun…😀

  3. hmmm…aku tak mengomentari tamannya aja deh….

    harusnya dibanyakin taman kota seperti itu di jakarta biar terasa lebih adem….

    soal tahu…ya kalo gitu mending besok2 kalo kesana bawa tiker sendiri..terus bawa makanan dari rumah..wah terasa piknik deh

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:
    Iya… Jakarta sudah terlalu banyak gedung tinggi… Jadi RTH (Ruang Terbuka Hijau)nya mesti diperbanyak…

    Bawa makanan sendiri…??? Good idea..hehehehehe…..

  4. taman menteng…..
    buat gua tempat ini bisa ngasih banyak inspirasi…

    btw yg enak bakso cekkernya…yg lain STD jd terasa MUAHAL banget

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:
    Kapan-kapan nyoba bakso cekernya aaaaaaaahhhhh…..🙂

  5. Ping-balik: 2010 in review (Surat Cinta dari Wordpress) « MUNYUK MENTEL

  6. taman menteng sama taman suropati bagusan mana ya?
    terus jarak nya brp meter ke taman suropati dari tmn menteng?

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:
    Soal bagusan mana itu sih relatif, yang jelas taman Suropati lebih bersih dan lebih sepi.
    Jaraknya gak jauh kok paling cuma lima menit jalan kaki. Hayooo dicobaaaa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s