Arti Sebuah Nama: Nama..Oh Nama…


Orang dulu sering bilang, kalo anak sering sakit-sakitan mungkin karena keberatan nama jadi namanya mesti diganti. Nama ternyata mempunyai efek juga. Tapi tak jarang pula, nama yang tak ada artinya mempunyai efek yang sangat berarti. Mencari nama yang bagus dan bisa membawa efek yang menyenangkan ternyata tidak mudah. Saya sendiri, setelah lebih dari satu bulan mencari nama untuk dot com yang akan saya daftarkan, ternyata belum berhasil juga. Herannya, semua nama yang terlintas di benak yang menurut saya bagus dan berpotensi booming ternyata sudah ada pemiliknya. Ngomongin soal nama, saya jadi ingat percakapan dengan beberapa teman.

MM: nama Munyuk Mentel itu keren ya? Nama twitter gw tuuuuuh…
Tmn 1: buat elo keren, buat gw mwnjijikkan
MM: whaaaaaaaaaaaaaaaaa

MM: nama Munyuk Mentel kalo dipikir-pikir keren juga ya kalo dijadiin dot com (dengan nada pede dan sekaligus bangga gak jelas)

Tmn2: halah…gak bakal booming, nama kok gak keren gitu. Namanya aja Munyuk (anak monyet Red) biar dibedakin sampe ngabisin 6 kg tetep aja jelek.

MM: Haaaaa..???@#$%^&

MM: Mah, nama dot com ku Munyuk Mentel aja ya?
Nyokab: jeneng kok elek ngunu, wes munyuk, mentel meneh (nama kok jelek gitu, dah anak monyet, ganjen pula)
MM: speechless

Namaaa…oh namaaaa… Jadi inget juga waktu suatu hari si bos tiba-tiba ngomong di sebuah meeting yang kebetulan topiknya adalah mencari nama untuk sebuah produk.  ”Cari nama itu yang simpel aja, gak usah yang terlalu muluk. Nanti jadinya malah keberatan nama. Ada yang namanya Dewa kerjanya jadi supir, tapi ada orang yang dipanggil pak Gembel malah kayanya setengah mati.”  Waduh-waduh… Dan orang-orang langsung melihat ke arah saya sambil senyum-senyum simpul seraya mau bilang, “Tuh…Dengerin.”

Sebenarnya kalau mau dilihat lagi, banyak nama produk yang terkenal justru malah tak punya arti. Ambil saja contoh nama mesin pencari Google. Nama itu berasal dari kata googol yang penulisannya diplesetkan menjadi google. Googol itu sendiri artinya adalah angka satu yang diikuti seratus buah angka nol yang digunakan untuk menunjukkan jumlah informasi yang bisa direkrut oleh si mesin pencari. Nama itu pula yang didaftarkan oleh si pendiri Google karena kebetulan google.com belum ada yang memiliki di internet. Tapi toh walaupun nama itu tak ada artinya karena penulisannya sudah diplesetkan, Google berhasil menduduki tempat nomor satu sebagai mesin pencari di dunia cyber. Nama yang tak mempunyai arti tapi ternyata menempati posisi yang berarti di dunia dicontohkan pula oleh produk-produk terkenal seperti Coca-Cola,  Haagen Daz, Pepsi, Sharp, Starbucks dan banyak lagi.

Nama  sebuah merek minuman ringan Coca-Cola, misalnya, terinspirasi dari gabungan kata antara Coca Leaves dan Kola Nuts, yaitu bahan-bahan yang dipakai untuk menentukan rasa Coca-Cola. Hanya saja, agar namanya terlihat lebih menarik, John S Pemberton si pencipta Coca-Cola mengubah huruf K dalam kata Kola menjadi C. Karena itu, praktis nama Coca-Cola itu sendiri jadi tak mempunyai arti. Tapi toh nama yang tak mempunyai arti itu berhasil merajai industri minuman ringan. Demikian pula dengan nama Haagen Daz, nama yang tak mempunyai arti, tetapi berhasil mempunyai arti untuk sebuah merek es krim yang yummy rasanya. Sebuah minuman bersoda bernama Pepsi terinspirasi dari kata pepsin yang merupakan nama salah satu enzim pencerna makanan di lambung. Huruf N-nya dihilangkan agar nama tersebut lebih menarik dan akhirnya menjadi salah satu merek minuman ringan yang terkenal. Sementara itu sebuah merek bernama Sharp berasal dari produk pertamanya sebuah pensil yang tajam (Sharp). Sebuah kedai kopi yang digemari dan ada di hampir setiap negara itu, Starbucks, ternyata diambil dari nama seorang tokoh dalam sebuah novel terkenal yang berjudul Moby-Dick, Starbuck, yang kemudian ditambahkan huruf S di belakangnya. Si Starbuck, nama tokoh itu, adalah seorang pelaut yang berpergian ke banyak negara. Sama seperti tokoh itu, kedai kopi Starbucks itu pun dalam perkembangannya ada di banyak negara.

Yak sekian dolo pelajaran etimologi nama-nama merek terkenal. Kembali ke soal nama blog inih, yaaaaa….Semoga saja nama Munyuk Mentel yang gak punya arti ini suatu hari bisa berarti yaaaaa…setidaknya untuk saya sendiri hehehe… Terus, nama blog Anda, terinspirasi dari apaaaa?????

By the way, anyway, busway, saya mau pamer kucing saya doloooooooooooo (demi memuaskan hasrat narsis punya kucing lucu bin imoooeeeeeeeeettttttt). Dia berpose di samping botol minuman ringan Fanta,  yang diambil dari bahasa German Fantasie dan dipendekkan menjadi Fanta. Duuuuhhhh…. Ternyata blog inih kok keren abiz yak…kekekeke. Iiiiihhhhhhh jadi malu niiiiihhhh muji diri sendiri………

Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_company_name_etymologies

7 thoughts on “Arti Sebuah Nama: Nama..Oh Nama…

  1. munyuk koq gambare kucing..!

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Soalnya sayah terlalu bangga sama kucing sayah tercintah kekekek…

  2. wah ini mah iklan merek amerika..! (doh)

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Kok iklan??? Ini namanya berbagi info😀

  3. hehehe kasihan kucingnya terlihat kurus tuh

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Tapi tetep kliatan imut kaaaannnn…😀

  4. Eh nama kucingnya fanta?????

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Hahahaha…ih kamyuuu bisa ajaaah….

  5. klo arti nama aku seh okeh,..
    gmn dengan nama kamu,..

    Makhluk Maniez aka Munyuk Mentel replies:

    Munyuk Mentel? Hmm…. Apalah arti sebuah nama😀
    Yang penting mudah diingat n kondaaaaaannngggg hehehehe

  6. Ping-balik: 2010 in review (Surat Cinta dari Wordpress) « MUNYUK MENTEL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s